03
Feb
09

Sejarah & Penyebab Kucing Bersayap

Pada tahun 2004, di Bukreyevk (sekitar Kursk), Russia bagian tengah, seekor kucing bersayap dibunuh oleh penduduk setempat yang percaya takhayul. Menurut harian lokal (Komsomolskaya Pravda), kucing tersebut ditenggelamkan karena dianggap sebagai utusan iblis.

Pada tahun 1998, seekor kucing hitam bersayap ditemukan di Northwood, Middlesex. Sayapnya terletak sekitar 2-3 inci dari tulang belikat dengan lebar sekitar 4 inci, tebal 1 inci dan panjang 8 inci (sekitar 20 cm). Sepasang sayap tersebut telihat mengepak ketika kucing berlari.

Catatan Sejarah
Sekitar 138 kasus kucing bersayap pernah tercatat dalam sejarah. Sayangnya hanya 28 kasus yang terdokumentasi.

Laporan awal mengenai kucing bersayap yang pernah tercatat, terjadi bulan juni 1842, dilaporkan oleh Henry David Thoreau di daerah pertanian sekitar Lincoln.

1868 (India). Penduduk lokal menyebutnya “pankha billi” (kucing bersayap). Kucing tersebut ditembak oleh Mr. Alexander Gibson kemudian kulitnya yang dikeringkan tersebut diukur mempunyai panjang 44 cm dan dipamerkan di pertemuan komunitas Bombay.

Pada tanggal 26 Juni 1897 seekor kucing bersayap dilaporkan ditemukan di Matlock, Derbyshire. Harian setempat menggambarkan kucing tersebut sebagai kucing jantan besar berwarna tortoishell (tortie). Sepasang sayapnya muncul dari kedua sisi di daerah tulang rusuk ke empat. Jika laporan tersebut benar, berarti kucing tersebut termasuk “mahluk langka”. Langka karena sayapnya, juga karena jarangnya kucing warna tortoishell (tortie) yang berjenis kelamin jantan.

Pada tahun 1899, majalah Strand, London melaporkan adanya kucing bersayap milik seorang wanita yang tinggal di daerah Wiveliscombe, Somerset, England. Kucing tersebut terlihat normal kecuali ada sepasang sayap yang menonjol.

Kucing-kucing bersayap ini juga dilaporkan pada tahun 1933, 1934 di Inggris, 1936 di skotlandia, 1939 di Inggris, 1942 di Middlesex, 1949 di swedia, 1950 di Nottinghamshire dan di Madrid (dikenal sebagai “angolina”), 1959 di Virginia Barat, 1966 di Kanada, 1970 di Conecticut dan 1975 di manchester.

Pada beberapa kejadian, dilaporkan sayap tersebut tumbuh pada musim dingin dan lepas/tanggal pada musim semi.

Penyebab Kucing bersayap
Dari berbagai laporan mengenai kucing bersayap, diperkirakan sayap pada kucing tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal :

1. Bulu rontok yang menggumpal. Pada beberapa laporan menyatakan, saat musim dingin sayap muncul pada kucing yang berbulu panjang, kemudian sayap kucing tersebut lepas pada musim semi. Sebagian besar bentuk yang menyerupai sayap tersebut adalah bulu rontok yang menggumpal (gimbal). Sebagian besar Laporan kucing bersayap sekitar tahun 1900-an diduga diakibatkan “bulu gimbal” ini. Pada saat itu kebiasaan grooming kucing berbulu panjang belum ada dan peralatan grooming belum secanggih saat ini.

wings81Contoh “sayap” yang terbentuk dari bulu gimbal

2. Cacat lahir. Beberapa kasus kucing bersayap yang tercatat dalam sejarah diduga merupakan hasil dari cacat lahir ini. Satu dokumentasi menunjukkan adanya kembar siam (conjoined twin) dengan kaki kembaran yang satu lagi muncul di daerah punggung.

conjoined5

Contoh “sayap” yang terbentuk dari cacat lahir kembar siam (conjoined cat)

3. Feline Cutaneous Asthenia (FCA) adalah suatu penyakit keturunan yang menyebabkan kulit menjadi sangat elastis dan mudah robek/terluka. Elastisitas kulit yang belebihan ini juga dapat terjadi pada anjing dan manusia. Sejarah mencatat Jim Morris sang “Manusia Karet” dari India yang dapat menarik kulit sampai 44 cm dari tubuhnya. Kucing dengan FCA mempunyai kulit sensitif yang mudah luka dan robek. Menurut beberapa orang, kemungkinan besar “sayap” yang muncul di daerah punggung kucing adalah sobekan/luka di kulit yang masih tertutup bulu.

wings7Feline Cutaneous Asthenia, Perhatikan “sayap” yang terbentuk di daerah sekitar panggul

sumber : http://www.kucingkita.com

Iklan

35 Responses to “Sejarah & Penyebab Kucing Bersayap”


  1. 1 az_zahra
    3 Februari 2009 pukul 4:43 pm

    oowwhh…gitu ya mbak??? jadi gak ada hubungan’a sama skali sama burung??? 😀

  2. 2 Belalang
    3 Februari 2009 pukul 4:52 pm

    Lebih yang meyakinkan perkiraan kedua dan ketiga,lbh dapet buu.
    Tapi kasian juga y kalo mang tu eong kembarsiam…
    Sebagai pecinta kucing,jangan sampelah ad eong yg lahir
    dg keadaan kyk gitu,aplagi mpe g bs selamat,secara…
    skrg kan semua serba canggih.
    bagus buu artikelnya… 😀

  3. 3 Februari 2009 pukul 5:15 pm

    kerennnnnnnnn
    berarti bukan kucing utusan iblis kan……

  4. 3 Februari 2009 pukul 5:32 pm

    hehehehehe…. ternyata bukan cuma ikan aja yang mau mengungguli bangsa burung . ternyata kucing pun sudah mulai merambah dunia sayap…..

  5. 5 ipank_inix
    3 Februari 2009 pukul 10:28 pm

    hehe.. lucu jg namanya kucing bersayap
    untung salah satu penyebabnya bukan sering ambil ikan didapur
    kalo iya namanya lebih cocok kucing garong….

  6. 4 Februari 2009 pukul 8:30 am

    Bisa terbang nggak ya kucingnya…

  7. 7 itong
    5 Februari 2009 pukul 8:06 am

    Wew Keren Dhe!….ada Gak yahhh Tikus Bersayap???…

  8. 5 Februari 2009 pukul 12:48 pm

    itu bukan tikus tonkkkkkkkkk

    tp kucink!!!

  9. 5 Februari 2009 pukul 7:21 pm

    pengetahuan baru.. thank you. thank yo… 😀

  10. 7 Februari 2009 pukul 3:37 pm

    cehhhh kucing pake sayap? tapi suaranya tetap meeeeooonggggggg kan? gak sampe jadi cit..cit..cuit!!!! dhe berapa banyak koleksi kucingnya? pinjam satu dunk… 🙂

  11. 8 Februari 2009 pukul 11:58 am

    wah aq baru tau tuh kalau ada kucing yang bersayap……….
    wah…..aneh…….

  12. 12 maya
    10 Februari 2009 pukul 5:05 pm

    owh…gitu tho… 😮

  13. 16 Februari 2009 pukul 10:18 pm

    i, kasian kucingnya
    gak bisa pake sayapnya
    kalo bisa dipake terbang kan gak perlu baling2 bambu

  14. 21 Februari 2009 pukul 2:15 pm

    oohh… begitu rupanya…

  15. 22 Februari 2009 pukul 12:41 am

    Suka ama kucing ya????
    Suka jg ama Film Cat Women gak????
    Heeee…. 🙂

  16. 16 Amru Munandar
    22 Februari 2009 pukul 6:45 pm

    wueh…. wueh…. rama banget nich blog… salut…….. buat dhee… sukses selalu ya dhe….

  17. 23 Februari 2009 pukul 7:21 am

    Wach…baru kali ini gw lihat kucing bersayap…udach kayak kucing angel ya

    luar biasa

  18. 23 Februari 2009 pukul 1:42 pm

    kucing lagih kucing lagih…
    ada ga yah kucing terbang??

  19. 20 Patricia
    6 Maret 2009 pukul 11:05 am

    Baru tau kalau kucing juga ada sayapnya nich.
    Saya juga penggemar kucing sejak kecil. Seperti dhee, selalu ngumpulin anak kucing di jalan karena kasihan mendengar tangisan mereka apalagi kalau tengah malam.
    Saat ini lagi punya kucing berbulu lebat yang cakep dirumah.
    Senang bisa menemukan blog sesama penggemar kucing.

  20. 6 Maret 2009 pukul 12:40 pm

    kq bisa, ya.,.,.,.

  21. 7 Maret 2009 pukul 6:18 pm

    ooo ini toh blog atu-nya…
    nice info dhe… ngeri juga malahan liat kucing bersayap…gimana gitu…

  22. 9 Maret 2009 pukul 9:52 pm

    wah..
    disangka burung dung

  23. 10 Maret 2009 pukul 3:02 pm

    Wah murni neh ttg kucing tp rasional, kelihatan banget penggemar Doraemonnya…
    Bagi2 dunx kantong ajaibnya…

  24. 11 Maret 2009 pukul 12:54 pm

    Bu, blognya banyak amir.. ngeblognya hobi apa pengen..

  25. 26 konek
    12 September 2009 pukul 12:59 pm

    hai………… dengar cam best je kucing bersayap ni… tapi pernah tak jumpa kucing jantan berbulu tiga warna.. tak pernah kan? ha! ni ada cerita ckit.. dulu saya pernah dikurniakan seekor anak kucing jantan ada tiga warna bulunya.. kuning, hitam dan putih. namun baru seminggu jak, anak kucing tu dah dibaham kucing jantan lain(dewasa) tapi herannya, hanya kucing ni jak yang dibaham, yang lain steady biawak je.. pastu barulah saya dengar yang kat kawasan saya tu cari kucing jantan berbulu tiga warna.. bukan sikit duit dia nak bagi, sampai puluh ribu tu.. kalaulah saya tahu hal ni, dah kaya saya ni kan.. tula orang tua-tua kata, kucing bulu tiga warna(jantan)ni bawah tuah.. terbuktikan.. tapi 2 bulan lalu saya dapat lagi satu (kucing bersalin lagi) warna putih, Hitam, dan tompok kuning kat mata, cantek sangat… huh, nekad nak jaga lah.. duit depan mata beb.. tapi…. rupanya, jodoh dengan kucing tu lebih hebat.. kini kucing tu dah dua bulan lebih.. sayang kat kucing tu.. bukan tu je.. rezeki kucing tu sentiasa pergi kat saya, tak payah jual rezeki besar depan mata dah.. jadi pada sahabat2 blog ni.. kalau korang jumpa kucing cam ni, jgn dibunuh yang kononnya utusan iblis.. tahyul tul.. simpan je.. buat azimat.. hehe gurau je.. saja buktikan ehsan kita.. byeeeee

  26. 27 ndar
    9 Oktober 2009 pukul 12:03 am

    subhanallah..
    itulah kekuasaan allah..

  27. 28 Cat Fans
    15 Oktober 2009 pukul 9:16 pm

    Hi…
    Aq jg penggemar kucing n anime…

    Aq pgn juga deh punya kucing bersayap…
    Kan unik…
    Hehe…
    Manusia tuh jahat y,mahluk langka kok dibunuh…
    Kejam bgt…

    Ngomong2,dhe pny FB??

  28. 17 September 2010 pukul 7:51 pm

    memang ada kucing yang punyah sayap baru tau nih

  29. 17 September 2010 pukul 7:54 pm

    gw baru tau ada kucing punya sayap uda kaya cat women

  30. 31 nha nz ny
    2 Desember 2010 pukul 9:04 pm

    subhanallah…itu salah satu keajaiban Tuhan,,, ana salah satu penggemar kucing.

  31. 32 firdausi intan
    14 Desember 2011 pukul 8:39 pm

    wah…kucingnya jd + lucu…imut…nggemesin… ^_^

  32. 15 Januari 2012 pukul 11:41 am

    ih serem amat sih eh adayang mau gak temenan sama aku tapi di yahoo ya ini yahoo aku rizki.robbani@ymail.co.id ok aku cemk bukan cewek ok

  33. 13 Februari 2012 pukul 10:12 pm

    owh kucing mau lihat lah yg bersayap 🙂
    pasti lebih lucu tentunya

  34. 35 ahmad ahmad
    2 Agustus 2017 pukul 8:51 am

    dkra mamah kucing selingkuh sama papah burung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Selamat Datang Di Siluet Sebalik Sosok Dhe..t4 Di sini Dhe melukis rasa sayank n suka Dhe terhadap kucing n komik ..

menghitung hari…

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Ma Chizuru

DragonadoptersDragonadopters
Photobucket

Masukkan Code ini K1-61522E-7
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Animals Pet, Dogs  & Cat Blogs - BlogCatalog Blog Directory

%d blogger menyukai ini: